Cara Mencegah Virus Corona

Posted by KarimGanas on Maret 29, 2020 in ,

Covid-19 atau lebih di kenal Virus corona  saat ini telah menyerang ribuan orang di berbagai negara di belahan dunia, Virus corona juga sudah menelan ratusan korban jiwa. Saat ini negara indonesia pun sudah mulai terserang oleh virus tersebut,penyeberan di indonesia pun semakin hari semakin meningkat. Tentunya kamu tidak menginginkan keluarga atau sanak sodara terkena Virus corona ini kan, maka dari itu sebaiknya kamu perlu beberapa langkah pencegahan. Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan  untuk menghindari terkena Virus corona diantaranya adalah:

  • Menjaga daya tahan tubuh


Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat  bisa membuat diri kita terhindar dari erbagai macam penyakit yang ingin menyerang tubuh kita. Sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, ikan, hingga daging tanpa lemak bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan daya tahan tubuuh yang kuat. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat kamu juga perlu menjalankan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga, tidak minum minuman yang mengandung alcohol, tidak meroko dan tidur yang cukup. Nah dengan mengkonsumsi makanan yang dehat dan melakukan pola hidup yang benar maka daya tahan tubuh kamu akan kuat sehingga kamu bisa terhindar dari virus corona.

  • Mencuci Tangan


Penyebaran virus corona  bisa kita cegah dengan cara yang cukup sederhana yaitu dengan memcuci tangan. Cara mencuci tangan yang baik bisa kamu lakukan kurang lebih selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun. Saat mencuci tangan kamu harus memastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, hingga kuku. Setelah memcuci tangan sebaiknya kamu keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk yang bersih. Jika kamu kesulitan untuk bisa mencuci tangan di air yang mengalir karena sedang ada di luar rumah kamu bisa membersihkan tangan kamu dengan hand sanitizer. Dalam penggunakan hand sanitizer sebaiknya kamu gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. Tapi jika cuci tangan dengan hand sanitizer jangan terlalu sering ya apalagi kandungan alcohol yang tinggi bisa membuat tangan kamu menjadi iritasi. Sangat di sarankan supaya kamu selalu cuci tangan secara rutin apa lagi setelah kamu makan atau sebelum makan dan setelah memegang sesuatu yang di pegang orang lain juga pada fasilitas umum. 

  • Menggunakan Masker


Dengan penggunaan masker kamu juga bisa mencegah penyebaran virus corona, masker yang baik kamu gunakan untuk pencegahan  ini ada dua jenis diantaranya masker bedah dan masker N95. Masker bedah ini merupakan masker yang hanya bisa di gunakan untuk sekali pakai, masker bedah ini adalah masker yang sangat mudah untuk di temui karena harganya cukup terjangkau dan nyaman juga untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Sedangkan masker N95 adalah salah satu jenis masker yang memang dirancang secara khusus untuk bisa menyaring partikel berbahaya yang ada di udara. Sebetulnya masker N95  inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah kamu terinfeksi virus corona. Tapi kekurangan yang dimiliki masker ini adalah  kurang nyaman untuk di guanakan sehari-hari dan harga masker N95 pun relatif mahal.

Nah itu dia mungkin beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, meski tidak sepenuhnya cara di atas tidak efektif mencegah namun cara di atas tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit virus corona.