Presiden Turki Memboikot Iphone Masuk Negaranya, Sebagai Bentuk Perlawanan Terhadap Amerika

Posted by Ganas003 on Agustus 31, 2019 in

“Kementerian kami bekerja siang dan malam, kami akan memboikot barang elektronik dari Amerika. Mereka punya iPhone, tapi kami dapat pakai Samsung. Kami juga punya brand lokal, Venus Vestel, kami akan memakainya,” kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.


Tekanan Amerika yang ditujukan kepada Turki menciptakan mata uang negara tersebut melemah, bahkan terburuk sepanjang sejarah. Menurut Erdogan, awalnya serangan ekonomi ini dilakukan secara diam-diam, kini mereka blak-blakan. Gertakan yang dilakukan Amerika pun tak menciptakan Turki gentar.


“Apa yang kamu lakukan (Amerika)? Apakah tujuan anda melaksanakan ini? Kamu harus tahu bahwa abjad bangsa kami bukanlah bangsa yang gampang bimbang,” gertak Erdogan merujuk Amerika.


Boikot Erdogan terhadap iPhone yang merupakan smartphone keluaran Apple, menciptakan nilai saham Vestel melejit. Merek lokal yang sudah ada semenjak 1984 ini populer sebagai salah satu produsen televisi di Eropa. Vestel kini telah merambah ke segmen smartphone dengan nama Venus.


Serangan ekonomi dari Amerika kepada Turki menuju puncak ketegangan dalam beberapa tahun terakhir. Maskapai Turkish Airlines juga mengumumkan akan menghentikan semua iklan produk Amerika di semua penerbangan.